MAKALAH
SEBAGAI SYARAT SELEKSI
CALON KEPALA SEKOLAH
JUDUL
PENYAMPAIAN VISI MISI DAN PROGRAM JIKA DIANGKAT
SEBAGAI KEPALA SEKOLAH
Disusun
Oleh
Nama : KARTONO,
S.Pd
NIP : 19710627 199903 1 007
Instansi : SD
Negeri Kedungori 1 Dempet
Demak
Alamat
Email : kartonosutet@yahoo.co.id
UPTD
DIKPORA KECAMATAN DEMPET
KABUPATEN
DEMAK
TAHUN
2014
PENYAMPAIAN VISI MISI DAN PROGRAM JIKA DIANGKAT SEBAGAI KEPALA SEKOLAH
Bab. 1 : Latar Belakang
Untuk mengawali makalah
ini perkenalkan identitas saya nama Kartono, S.Pd, lahir di Demak tepatnya pada
tanggal 27 Juni 1971. Sebelah Tenggara Ibukota kabupaten Demak. Sekarang
berdomisili di desa Babat Rt 05 RW I Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak, dikaruniai
2 orang anak.
a.
Motivasi Menjadi Calon Kepala Sekolah
Motivasi
yang mendasari keinginan untuk mengikuti seleksi Calon Calon Kepala Sekolah saya
bedakan menjadi dua yaitu motivasi ekstinsik dan instrinsik. Adapun motivasi
ekstrinsik didasarkan pada mutu pendidikan di Indonesia selama ini masih
mengalami fluktuatif dan stagnan. Data berbagai lembaga survey internasional
Indonesia masih berada di ranking bawah dan masih jauh dengan kemajuan
pendidikan negara-negara berkembang di Asia Tenggara.
Mutu
pendidikan amat sangat menentukan sumber daya manusia demi kemajuan bangsa.
Sumber daya manusia sendiri ditentukan oleh kualitas pendidikan dan
pembelajaran. Sedangkan kualitas pendidikan tergantung pada profesionalitas kepala
sekolah sebagai agen pembelajaran.
Pemerintah
telah berupaya dan berpacu mencurahkan perhatian dalam pembinaan dan
pengembangan professional kepala sekolah melalui berbagai strategi nasional.
Antara lain melalui regulasi dan reformasi birokrasi system pendidikan di
Indonesia. Contohnya Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005
tentang Guru dan Dosen , Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun
2008 tentang
Guru,
dan Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah. Cara- cara
tersebut dilaksanakan secara kontinu tidak pernah berhenti. Walaupun demikian
mutu pendidkan di Indonesia masih jauh dari harapan semua pihak. Pemilihan Calon
Kepala Sekolah merupakan implementasi dari regulasi tersebut.
Untuk
itu saya terpanggil untuk mengikuti seleksi Calon Kepala Sekolah di Kabupaten
Demak tahun 2014 ini. Bagi saya Calon Kepala Sekolah merupakan model atau
contoh bagi guru lainnya, karena tentunya Calon Kepala Sekolah mempunyai
kompetensi lebih dari pada guru lainnya. Sehingga berdampak positif bagi
perkembangan pendidikan dan peningkatan mutu dan proses pembelajaran.
Bila
profesionalisme kepala sekolah semakin baik, motivasi dan dedikasinya semakin
tinggi. Tentu saja berpengaruh positif pada kinerja dan prestasi kerja pada era
globalisasi dewasa ini. Prestasi kerja tersebut ikut berperan menentukan
kualitas lulusan satuan pendidikan sebagai sumber daya manusia yang
berkualitas, produktif, dan kompetitif.
Era
globalisasi menuntut sumberdaya manusia yang bermutu tinggi dan siap
berkompetisi, baik pada tataran nasional. regional, maupun internasional. Kepala
sekolah professional atau Calon Kepala Sekolah akan memiliki kompetensi
edukatif yang baik, memiliki kemampuan personal, profesional, dan sscial serta
kemampuan manajerial yang menjadi panutan guru dan anak didik. Hal ini selaras
dengan kebijakan pembangunan yang meletakkan pengembangan SDM sebagai prioritas
pembangunan nasional.
Sementara
motivasi instrinsik, saya mempunyai banyak kompetensi atau prestasi untuk
berkompetisi secara sehat dengan teman-teman calon kepala sekolah lain. Kompetensi
dan prestasi saya akan saya perlihatkan pada tim juri yang menilai saya. Kompetensi
tersebut meliputi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervise, dan sosial.
Karena memang kompeteni dan prestasi inilah modal saya untuk berbuat pada
bangsa ini. Saya berkeinginan pendidikan di Indonesia bisa sejajar dengan
negara-negara maju bahkan melebihi. Tidak hanya maju pada psikomotoriknya, juga
kognitif, dan afektif entah sampai kapanpun. Indonesia pernah berjaya pada
beberapa abad yang lampau. Indonesia pernah menjadi pusat ilmu dan kebudayaan
pada masa Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Beberapa dasa warsa yang lalu
Negara-negara tetangga banyak yang mendatangkan kepala sekolah dari Indonesia.
Pada pergerakan nasional kita mempunyai pemikir, teknokrat, dan pakar hukum
yang hebat.
b.
Visi dan Misi Calon Kepala sekolah
1) Visi
Visi calon
kepala sekolah adalah jika kita melayani hidup akan terasa berarti
2) Misi
Untuk mewujudkan
visi saya, Saya harus mempunyai misi. Misi hidup saya yaitu :
-
Berjuang
tiada pernah henti
-
Berbuat
yang terbaik pada siapa saja
-
Bersikap
bijak setiap tindakan
3) Kehidupan Calon Kepala sekolah
Saya
merasa bersyukur guru menjadi profesi, pilihan hidup, dan bagian dari hidup
saya. Menurut saya calon kepala sekolah bisa memberi pencerah dunia. Membukakan
mata hati para generasi harapan bangsa yang nantinya menjadi pioner bangsa. Kepala
sekolah sebagai penggerak roda pendidikan di sekolah. Setiap hari berjumpa
dengan para guru dan anak didik terasa nikmat. Saya bangga sekarang jabatan kepala
sekolah juga seorang guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah.
Pemerintah telah menaruh perhatian yang besar terhadap nasib kepala sekolah. Kepala sekolah yang berpredikat profesional
mendapat tunjangan profesi dua kali gaji pokok. Tunjangan profesi saya telah
membantu saya dalam mengembangkan profesi. Yaitu untuk melakukan penelitian
tindakan sekolah dan penelitian tindakan kelas.
Bab. 2 : Prestasi yang layak menjadikan pertimbangan
sebagai Calon Kepala Sekolah
a.
Prestasi Diri
Prestasi yang
saya raih selama ini yaitu :
-
Sebagai
juara 1 Lomba Guru Berprestasi tingkat kecamatan Dempet tahun 2009 dan 2010.
-
Sebagai
fasilitator daerah diklat pembelajaran PAKEM yang bekerjasama dengan USAID.
-
Mewakili
kecamatan Dempet dalam berbagai lomba PGRI.
-
Sebagai
DCT Diklat Asesor PK Guru dan PKB tingkat kabupaten.
-
Menjadi
Tim Pengembang Kurikulum Kabupaten Demak.
-
Menjadi
Tim Penilai Buku Perpustakaan Kabupaten Demak.
-
Dalam
organisasi profesi saya banyak terlibat dalam kepengurusan.antara lain:
1) Bina Muda Kwartir Ranting Dempet
2) Waka Panitia Pesta Siaga tahun 2013
3) Panitia berbagai kegiatan kegiatan
Jambore
4) Tim PK Guru dan PKB Dempet
5) Pemandu Gugus P.Diponegoro ( Dabin 1 )
-
Dalam
kegiatan sosial sebagai ketua LKMD, PPS, dan Panitia Desa dari tahun 2000
hingga sekarang.
b.
Pengalaman Kerja Sebagai Guru
Saya
mulai menjabat sebagai Guru PNS pada tanggal 1 Maret 1999. Tempat mengajar saya
SDN Kramat 3 Kecamatan Dempet. Dimutasi menjadi guru di SD RSBN Kedungori 1
sejak 1 Oktober 2009.. Mengajar di kelas VI dan pernah meraih prestasi
tertinggi atau rangking 3 (tiga) rata-rata nilai UN tahun 2012 dan rangking 1
(satu) tingkat kecamatan Dempet tahun 2013 serta menempati urutan 6 tingkat
kabupaten.
c.
Prestasi dalam Pengembangan Profesi
Prestasi
saya dalam pengembangan profesi cukup menonjol, terutama dalam penulisan karya
tulis ilmiah. Saya mengembangkan karya inovasi seperti penyusunan PTK dan
Kurikulum Sekolah. Saya juga punya pengalaman menulis buku perpustakaan yang
ditebitkan secara nasional.
Beberapa
buku saya yang saya tulis antara lain :
-
Tematik
1 KTSP ditebitkan CV Aneka Ilmu
-
Tematik
3 KTSP diterbitkan CV Aneka Ilmu
-
Kebutuhan
Warga Negara diterbitkan CV Sindu Press
-
Berlaku
Adil dan Kasih Sayang Terhadap Sesama diterbitkan SCA
-
Perumusan
Pancasila diterbitkan CV Aneka Ilmu
-
Nilai-nilai
Pancasila diterbitkan CV Aneka Ilmu
-
Kemandirian
dapat Tumbuh dari Cara Berkemah diterbitkan SCA
-
Perencanaan
Bela Negara diterbitkan CV Sinar Cemerlang Abadi
d.
Prestasi dalam Aktivitas Pembimbingan Siswa dan Pengembangan
Diri
1) Semenjak saya menjadi guru hingga
sebagai sekarang di Kedungori 1 saya banyak terlibat dalam pembimbingan siswa
dan pengembangan diri. Kebetulan saya terbiasa mengajar di kelas tinggi. Saya
juga banyak member kontribusi juara baik ditingkat kecamatan hingga propinsi..
Pengembangan diri yang dilakukan di sekolah kami berupa pengiriman di berbagai
diklat hingga ke tingkat propinsi.
Bab. 3 : Program jika Diangkat Menjadi Kepala
Sekolah
Program merupakan
serangkaaian rencana yang akan kita lakukan. Program agar terlaksana dengan
baik hendaknya memperhatikan situasi dan kondisi yang ada. Program Kepala
Sekolah turut menentukan keberhasilan pendidikan di sekolah tersebut. Tentu
saja program haruslah relistis relevan dengan tuntutan zaman, memperhatikan
sumber daya manusia di sekolah dan memperhatikan potensi stakeholders
pendudukung di institusi tersebut.
Yang lebih penting lagi program membutuhkan
tekad yang luar biasa dari manager di sekolah tersebut dalam hal ini Kepala
sekolah. Itikad yang baik dan motivasi instriksi yang tinggi ikut membawa
pengaruh keberhasilan program. Itulah sebabnya saya mempunyai tekad bulat bila
nanti lolos seleksi menjadi Kepala sekolah antara laian sebagai berikut:
-
Mengadakan
kerjasama dengan guru untuk menciptakan pemebelajaran PAKEM dan pendekatan
Saintific di tiap kelas dengan mengoptimalkan lingkungan sebagai belajar agar anak didik di lingkungan sekolah saya
memiliki multitalenta atau banyak kompetensi bukan sekedar mementingkan aspek
pengetahuan.
-
Mendorong
kegiatan ekstrakurikuler untuk spesifikasi penyaluran bakat dan minat. Kegiatan
ini memberdayakan guru, tokoh masyarakat, dan Dunia Usaha agar anak didik
memiliki kecakapan lain selain yang diperoleh dari proses pembelajaran di dalam
kelas.
-
Mencipkan
sekolah berprestasi baik guru dan anak didik hingga ketingkat kabupaten bahkan
ketingkat yang lebih tinggi.
-
Bekerjasama
dengan guru unutk menghasilkan output sekolah yang bagus baik aspek sikap,
pengetahuan, dan ketrampilan serta dapat melanjutkan kejenjang sekolah yang
lebih tinggi.
-
Meningkatkan
sarana prasarana pembelajaran dengan melibatkan semua Stakeholders, Dunia
Industri, Dunia Usaha, Potensi Daerah setempat, alumni, dan tokoh masyarakat.
-
Menciptakan
iklim yang kondusif di sekolah yang dilandasi semangat kekeluargaan dan
kebersamaan.
-
Memberdayakan
subsidi silang yaitu memberi kesempatan orang tua yang mampu untuk memberi
bantuan bea siswa yang kurang mampu.
-
Meningkatkan
kompetensi spiritual baik guru dan siswa di sekolah melalui kegiatan pembiasaan
sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
Bab. 3 : Harapan dan Rencana Kegiatan Masa Datang
Saya berharap dengan
adanya seleksi Calon Kepala Sekolah ini kepala sekolah termotivasi untuk
meningkatkan kinerjanya, disiplin, dedikasi, dan loyal untuk kepentingan bangsa
dan negara. Meningkatnya harkat, martabat, citra, dan profesionalisme kepala
sekolah. Menumbuhkan kreatifitas dan meningkatnya kualitas manajerial dan inovasi
pembelajaran. Adanya peningkatan mutu kepala sekolah untuk mewujudkan tujuan
pendidikan nasional yang berkualitas sehingga negara kita bisa sejajar dengan
bangsa-bangsa lain dengan kehidupan yang lebih sejahtera.. Semoga harapan dan
rencana ini terwujud.Amiin.
Hehe...brsemangat sekali Bapak ini ya?
BalasHapustrimakasih ,semoga ilmu yang diberikan bapak mamfaat bagi kita semua.
BalasHapusSangat bermanfaat, terimakasi
BalasHapus