Selasa, 17 September 2019



Kartono, S.Pd., M.Pd.

TUMBUHKAN KEMANDIRIAN SISWA SD MELALUI BERKEMAH

Kemandirian merupakan salah satu karakter yang harus dikembangkan di SD (sekolah dasar). Sikap kemandirian pada siswa sangat penting untuk menunjang pembelajaran. Dengan kemandirian siswa akan terlatih berperilaku positif. Siswa yang terbiasa mandiri akan mampu mengatur diri sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Siswa akan mempunyai tangung jawab dalam mengatur dan mendisiplinkan dirinya. Kemandirian juga bisa menumbuhkan kemauan dan mengembangkan kemampuan diri. Oleh karena itu guru perlu memfasilitasi tumbuhnya sikap kemandirian sejak usia sekolah dasar. Hal ini dilakukan agar siswa mampu mencapai hasil belajar secara optimal.
Namun kenyataan di sekolah guru banyak mengalami kesulitan. Sebagian siswa merasa kurang mampu mengatasi masalah yang dihadapi. Terutama dalam mengerjakan berbagai tugas yang diberikan oleh guru. Ketika disuruh maju ke depan merasa malu, takut, dan kurang percaya diri. Pada saat ulangan masih banyak yang mencontek atau minta bantuan teman. Padahal jawaban teman belum tentu benar. Strategi yang lazim dilakukan guru biasanya melalui belajar kelompok. Kegiatan kerja kelompok di dalam kelas bila sekedar rutinitas dan monoton, akan membosankan.  Bahkan sering didominasi oleh siswa yang pintar. Akan berbeda bila diberikan dalam suasana yang menantang dan menarik serta dilakukan di luar kelas. Siswa tentu tidak akan canggung dalam melakukan kegiatan yang diberikan guru.
 Salah satu cara untuk menumbuhkan jiwa kemandirian  pada siswa SD adalah melalui berkemah. Berkemah merupakan bagian dari kegiatan dalam kepramukaan. Kegiatan berkemah yaitu bermalam disuatu tempat dengan menggunakan tenda sebagai rumahnya. Di situlah peribadi–pribadi mandiri akan terbentuk dari seorang pramuka. Di dalam perkemahan terdapat banyak sekali kegiatan baik yang menyenangkan, menantang  dan menarik. Seseorang yang biasanya di rumah tinggal perintah kepada pembantu untuk melakukan sesuatu, tetapi di perkemahan tidak akan ada seperti itu lagi. Hal ini dikarenakan semua kegiatan  dikerjakan sendiri atau bersama kelompoknya sesuai dengan tugas dan fungsi  masing-masing, mulai dari bangun tidur sampai menjelang tidur lagi. Kegiatan-kegiatan dalam dunia perkemahan inilah yang nantinya dapat membentuk jiwa yang berkepribadian mantap, berani dan tegas. Bahkan menumbuhkan jiwa kemandirian pada diri siswa, sehingga pada akhirnya terciptalah generasi yang tidak cengeng, tangguh, dan mampu menghadapi tantangan zaman. Generasi harapan bangsa, penerus cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia tercinta ini.
Berkemah merupakan puncak kegiatan kepramukaan yang menarik, menyenangkan bagi peserta didik pramuka penggalang setelah melaksanakan latihan rutin beberapa lama di gugus depan. Adanya perkemahan melatih anggota pramuka untuk hidup di alam terbuka, pegunungan, bumi perkemahan,  atau tempat-tempat lain yang  menarik. Berkemah melatih hidup bersahaja dengan perlengkapan praktis, menggunakan alat-alat yang sederhana tetapi dapat mencukupi kebutuhan  hidupnya selama berkemah dengan sehat.  Selain itu dapat pula melaksanakan permainan yang menyenangkan, petualangan,  penjelajahan,  mengamati, dan menyelidiki lingkungan hidup. Dengan berkemah anggota gerakan Pramuka juga dapat meningkatkan pembinaan hidup beragama untuk menumbuhkan keagungan Tuhan yang Maha Esa. Mampu membina kemandirian, daya tahan tubuh, sikap gotong royong, dan tanggung jawab bahkan dapat menanamkan  rasa cinta tanah air.
Dengan kretivitas seorang pramuka, maka terasa nikmat perkemahan yang dilakukan karena di tempat perkemahan tidak ada tempat yang untuk orang yang tidak mau  mengikuti atau  melakukan pekerjaan kecil-kecil yang harus dilakukan. Tidak ada tempat untuk pemalas atau penggerutu. Sama sekali tidak ada tempat di kepramukaan bagi mereka itu apalagi dalam perkemahan bagi setiap anak  harus membantu pekerjaan  dengan hati gembira agar semuanya merasa  senang, bertambahlah rasa persaudaraan.
Dengan demikian untuk menumbuhkan kemandirian siswa SD tidak hanya melalui pembelajaran di dalam kelas. Guru dapat menumbuhkan melalui kegiatan berkemah. Tidak seperti di kelas, kemandirian melalui berkemah dilakukan secara bertahap. Dari berbagai kegiatan yang dilakukan dapat membuat seseorang tajam cara berpikirnya, cemerlang ide-idenya dan cakap dalam menghadapi segala persoalan. Banyak dan bervariasi kegiatan dalam perkemahan merupakan ajang latihan bagi pramuka yang pada akhirnya membuat pribadi-pribadi tangguh, berusaha untuk menyelesaikan masalahnya sendiri, tanpa rasa canggung dan ragu-ragu. Kemandirian yang timbul dari kegiatan berkemah sangatlah diharapkan sehingga tidak sia-sia kegiatan dilakukan. Karena kegiatan yang berdampak positif sangatlah diharapkan banyak orang. Bila dengan berkemah dapat menuju ke arah yang baik, berarti kegiatan tersebut perlu dilestarikan.

v  Kepala SDN Kramat 1, UPTD Dikbud Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar